Maitiquette (Etika dalam bermain maimai)

| Saturday, June 21, 2014

Good evening minna!
Kali ini saya akan membahas tentang etika dalam bermain maimai.
Etika?
Iya dong, kalo misalnya main maimai walaupun main master sekalipun kalo gaada etika, gimana?
Iya juga sih...
Oke, saya juga pengen nulis ini berhubung kemarin ada orang yang ngepost di immc, sampe saya baca komennya one by one.
Langsung saja, kita bahas satu-satu.

1. Kalau main jangan terus-menerus, sampe lebih dari 3x main tanpa gantian.
Hmm... Kalo kasus yang satu ini, sepertinya banyak terjadi. Saya sih, pernah main 3x. Pernah juga sih main 4x gak gantian, tapi karena satu credits cuma dua lagu. Orang-orang yang main lebih dari 3x gak gantian itu, udah bikin orang kesel nunggu, juga egois. Pengecualian sih, kalo emang gaada yang ngantri, baru tuh gapapa main terus :v

Saya sharing aja ya, pernah waktu saya mau main di Bandung, ada cewek lagi main. Biasanya saya kalo menggesek kartu nunggu orang selesai, biar bisa lihat tinggal berapa credits lagi. Waktu orangnya selesai main, saya lihat creditsnya tinggal satu. Saya sih, langsung gesek kartu 3x. Setelah itu orangnya nanya, "Mbaknya mau main duluan? Saya tinggal 1x main." Setelah itu saya jawab, "Mbaknya dulu aja."

Saya masih salut sama cewek tadi. Kalo saya main di cito mah, gaada orang nanya seramah itu. Mungkin di tempat lain juga. Saya sih, sekarang sekali main cuma 2x, jadi kalo gantian ya gantian aja. Toh, abis main aku langsung angkat kaki dari depan maimai :v

2. Terlalu keras memencet tombol
Nah, yang satu ini... Khusus yang main lagu master susaaaahh banget, dimaklumi. Yang saya maksud dengan terlalu keras memencet tombol (ato gampangannya geprak-geprak mesin) itu yang mencet sekuat tenaga tapi tidak kena ringchart. Sok sok geprak tapi gak kena.

Saya ambil contoh lagi, waktu saya mau main maimai di Bandung, dengan tempat dan orang yang sama dengan yang diatas tadi, saya lihat orangnya gak nyentuh tombolnya sama sekali, melainkan pake touchscreennya. Orangnya memainkan lagu expert. Orangnya juga pake sarung tangan, menyentuh layarnya halus. Jadi saya agak adaptasi waktu main di sana, saya mencet tombolnya dengan lemah lembut.

Setelah saya main, ada seorang ibu dan anak yang main. Sama-sama main expert, sama-sama pake touchscreennya. Saya jadi berpikir, "Apakah sebuah peraturan tidak tertulis kalo main maimai di Bandung harus pake touchscreennya?" Mungkin karena waktu itu sepi, jadi saya hanya melihat orang-orang yang main tidak pencet tombol.

Bagaikan koin yang memiliki dua sisi, saya juga pernah menemui orang yang sok geprak-geprak mesin, tapi gaada ringchart yang kena.

Waktu itu saya main di Sidoarjo. Setelah saya main, ada dua anak kecil main. Setelah itu, ada rombongan 4 orang rebutan masukin koin ke mesin maimai. Kalau saya tidak salah, 2 cewek 2 cowok, kalo enggak ya 3 cewek 1 cowok. Dua ceweknya main duluan. Yang satu difficulty-nya expert, yang satu advanced. Saya masih ingat waktu itu mereka main lagunya "Senbonzakura". Yang main expert, sok geprak-geprak mesin, sampe suaranya kedengeran banget. Bahkan saking kerasnya, kelihatan mesinnya goyang. Saya sampai trenyuh dalam hati, "Mbak, kalo main mencetnya jangan keras-keras dong, apalagi sampe mesinnya goyang. Saya aja takut kalo gitu terus, mesinnya rusak. Mesin itu sensitif, after all,"

Kalo di cito sih, dimaklumi ya, soalnya kalo saya lihat yang main itu kalo gak expert, ya master. Kedengeran bunyinya, tapi suaranya tidak seperti sok geprak-geprak mesin. Emang kena ringchartnya :)

3. Kalau mau menggesek kartu, jangan waktu orang sedang main.
Maksudnya, kalo menggesek kartu waktu orang sedang memilih lagu. Kenapa begitu? Tentu saja kalo lagi main akan ada suara "tling tling", dan suara tersebut mengganggu konsentrasi, lalu kacau deh mainnya.

Tips aja nih ya, buat orang yang gak sabaran nunggu, mending kalo gesek kartu ketika orang sudah selesai main, jadi bisa memperkirakan mainnya berapa lama lagi. Kalo misalnya udah terlanjur gesek, eh taunya creditsnya masih diatas 10, bete banget nungguinnya kan?

Saya ambil contoh lagi. Seminggu yang lalu saya main di cito. Waktu sudah selesai main, creditsnya 9. Saya gesek kartu 2x. Setelah itu ada orang main sekali, setelah itu gaada yang main. Ya udah, akhirnya saya langsung main dua kali. Nah, waktu saya lagi main "Matryoshka", ada orang gesek kartu. Buyarlah konsentrasi, tapi cuma sebentar. Selesai main dua kali, taunya creditsnya udah jadi 16. Bukan sulap bukan sihir!

Oke, contoh barusan agak gak nyambung ya sama pointnya? Tapi gapapa deh, disambung-sambungin aja. *tampar*

4. Sok jago
Yang dimaksud dari sok jago adalah... Merendahkan pemain lain yang masih dibawahnya? ._.

Sebenarnya sedikit tidak paham dengan point yang satu ini. Masalahnya, saya sendiri bukan orang yang jago main maimai. Masih latihan expert :v

Kita loncatin aja yang satu ini.

5. Overacting
Kalo bingung yang dimaksud overacting, misalnya narik slide lebay (?)

Tapi kalau point yang satu ini, masih bisa dimaklumin, soalnya kadang tidak disengaja.

Oke minna, di penghujung postingan ini, saya mau minta maaf kalau ada salah kata. Buat orang yang merasa disinggung di atas, jangan tersinggung ya, kan saya cuma sharing :)

Oke deh, semoga bermanfaat :)
Makasih udah mau baca :)

=======================================================================

Oh iya, gabung di grup Indonesia MaiMai Community ya! (kalo mau loh ya, kalo gak mau ya gapapa :v) Asalkan mau mematuhi peraturan yang ada, ok!
click here

0 comments:

Post a Comment

Next Prev
▲Top▲